KoPas!

Sudah hampir dua tahun saya kuliah di Fasilkom UI. Banyak hal yang sudah saya dapatkan, mata kuliah-mata kuliah yang menarik, teman-teman yang baik dan kurang baik :), dosen yang baik-baik dan butuh berlatih lagi untuk jadi lebih baik, dan berbagai macam pelajaran moral. Satu pelajaran moral yang cukup menarik di Fasilkom adalah penyalinan jawaban lewat media digital, atau bahasa kerennya ‘kopas’, singkatan dari copy paste. Cukup mengenaskan rasanya melihat mahasiswa-mahasiswa Fasilkom yang notabane-nya sebagai mahasiswa-mahasiswa cerdas ternyata masih senang membudayakan kopas dalam mengerjakan tugas. Memang, tidak semua mahasiswa Fasilkom membudayakan kopas, masih ada mahasiswa-mahasiswa yang bangga dengan kejujurannya.

Tekanan dan godaaan untuk kopas memang cukup besar, tugas yang menumpuk , mendekati deadline, dan ada kawan yang sudah selesai mengerjakan tugas, hmm.. cukup menggoda bukan? Tinggal copy file tugas lewat flash disk lalu beri sedikit perubahan pada file maka selesailah tugas kuliah. Tidak perlu menguras pikiran, membuang waktu lama-lama untuk memahami tugas, dan probabilitas ketahuan mungkin hanya 1 % dengan margin error …… (duh.. duh.. duh.., kuliah apaan nih ya?).

Membingungkan ketika harus menerka apa yang ada dalam pikiran para pengkopas. Apakah mereka bangga memperlihatkan nilai palsu di depan orang tua mereka? Apakah pria-pria pengkopas akan membohongi wanita yang dilamarnya dengan nilai palsu? Ataukan wanita-wanita pengkopas akan membohongi pria yang melamarnya dengan pesona palsu? Dan apakah mereka senang membohongi anak-anak mereka kelak dengan kebanggaan palsu? Saya rasa orang tua, wanita yang dilamar, pria yang melamar, dan anak-anak mereka kelak tidak akan bangga dengan prestasi palsu yang telah mereka sodorkan. Tapi memang seperti itulah, setan selalu menggoda manusia dengan berbagai kenikmatan semu. Dan saya pun terkadang merasakan godaan-godaan itu menyerang, merasakan kehebohan perang di hati ini. Tapi…

Sudahlah setan, hentikan godaan kopas yang kau arahkan kepada saya. Saya masih punya harga diri sebagai seorang muslim. Jangan samakan saya dengan mereka yang sering mengkopas, yang entah masih punya harga diri atau tidak. Tapi saya harap kau segera bertobat setan, biarkan mereka yang kini masih sering meng-kopas bisa merasakan nikmatnya mempunyai harga diri.

Wallahu’alam.

Advertisements

28 thoughts on “KoPas!

  1. jay says:

    wah keren pan,,
    sebuah tamparan keras buat saya yang sejujurnya sudah pernah ngompas PR dan tugas walaupun ngompas dengan tulisan tangan atau ketikan sendiri,,

    semoga disadarkan
    dan hati ini bisa selalu jujur 🙂

  2. Big says:

    Kopas..kopas…

    Penyakit lama.
    Jadi inget ada yang nyebut 3 jurus terlarang,
    “Ctrl + A , Ctrl + C , dan diakhiri dengan Ctrl + V”

    Makasih pan uda diingetin, semoga tak tergoda lagi.. 🙂

    ~klo diajarin agak detail sampe kodingannya mirip2 tu disebut kopas gak sih pan ?

  3. mishbah says:

    gapapalah kopas, yang penting kan ga melanggar hak cipta.. ditulis gitu siapa yang buat..

    btw, buat orang2 kaya gw nih ya bro, sekali2 kopas ga papalaah…

    ~ada masanya kita harus idealis
    ~tapi sayang, daku lebih sering pragmatis

  4. topan bayu says:

    @jay
    seinget ane, ane juga pernah nyalin tulisan orang jay, tapi semoga gak terulang lagi.. 😀

    @big
    kayaknya asal ngerti gpp big.. 🙂

    @mishbah
    terserah nt deh bah.. tapi kalo idealis cuma di masa2 tertentu bukannya itu bukan idealis ya, mungkin lebih tepatnya plin plan.. iya gak?

  5. ade says:

    waaaaah sy bru bc nih…. kereeen kereeen..
    pdhl tadinya sy juga mw mosting tentang “kopas”, tapi berhubung k’topan udah posting duluan yasudahlah.. perasaan sy sudah diwakilkan disini.. hehee… (kok kita sehati ya kak? ahahhaaaa piiiiis k’topan ^^V)

  6. Big says:

    hehee… (kok kita sehati ya kak? ahahhaaaa piiiiis k’topan ^^V)

    ihiiiiy..ternyata ade telah menemukan tambatan hatinya.. 😀

  7. topan bayu says:

    @sony
    komennya singkat banget..

    @ade
    hehe.. saya duluan ya,, ‘lebih cepat lebih baik’ (seperti sering dengar kata2 ini)

    @big
    si big sensitif banget..

  8. zana says:

    makasih kak udah diingetin
    ~menohok sekali

    tapi yg lebih penting jangan kopas pas lagi ujian. itu hukumnya gak boleh kuadrat

  9. fitrirachmawati says:

    wah.. iya2..
    makasi dah diingetin..
    tapi kalo minta diajarin gapapa kan? mm…
    oya pan. link blog fitri diganti ya.. jadi fitrirachmawati.com

    monggo mampir.. 🙂

  10. topan bayu says:

    @eka
    yang lebih ga boleh lagi mungkin cut paste, hukumnya bisa gak boleh pangkat tiga, nyiksa orang juga..
    ~monohok bahasa mana ya?

    @fitri
    minta diajarin ya gpp, itung2 manjadikan ilmu orang lain bermanfaat..
    linknya udah diganti, bisa diperiksa.. 🙂

  11. luqmansyauqi says:

    bagus2. makasih udah ngingetin saya. ingat kopas tiba2 ingat nyontek. temen saya pernah bilang kurang lebih kayak gini (saya kopas dari note di facebook)=> kopas yg ini ga pa2 kan? demi kebaikan :D:

    misalkan waktu ujian kita nyontek n buat nilai kita bagus. nantinya nilai itu berpengaruh pada waktu daftar kul. kalo misalkan gara2 nilai itu kita jd diberi ptmbgan lebih n mbuat kita jd msuk prguruan tinggi yg kita daftari, brarti kita dah msuk pgruan tinggi tsb dgn tidak berkah karna da nilai yg kita dapatkan dg cara yang ga bener. kita jg dah memakan hak orang lain yang sbenarnya lebh lyak msuk di pt tersbt. tu gara2 nilai kita yg sdkit lebih tinggi dari dia, pdahal nilai kita da unsur menyonteknya,unsur kebohogan.trus nanti kita lulus n dapat ijasah misale s1,itu jg g berkah, masuk kul nya ja dah g berkah. trus misalkan kita nyari pekrjaan dg ijasah tu, dan dapat. pkrjaan itu jg g berkah. trus dapat gaji dari pkerjaan itu, g berkah lagi.yah, masa nanti aku mau ngash makan anak n istriku dari uang yg g berkah si.

    source: http://www.facebook.com/note.php?note_id=173407115612

  12. yang punya masluqman.com says:

    bagus postingannya. makasih udah ngingetin saya. ingat kopas tiba2 ingat nyontek. temen saya pernah bilang kurang lebih kayak gini (saya kopas dari note di facebook)=> kopas yg ini ga pa2 kan? demi kebaikan :D:

    misalkan waktu ujian kita nyontek n buat nilai kita bagus. nantinya nilai itu berpengaruh pada waktu daftar kul. kalo misalkan gara2 nilai itu kita jd diberi ptmbgan lebih n mbuat kita jd msuk prguruan tinggi yg kita daftari, brarti kita dah msuk pgruan tinggi tsb dgn tidak berkah karna da nilai yg kita dapatkan dg cara yang ga bener. kita jg dah memakan hak orang lain yang sbenarnya lebh lyak msuk di pt tersbt. tu gara2 nilai kita yg sdkit lebih tinggi dari dia, pdahal nilai kita da unsur menyonteknya,unsur kebohogan.trus nanti kita lulus n dapat ijasah misale s1,itu jg g berkah, masuk kul nya ja dah g berkah. trus misalkan kita nyari pekrjaan dg ijasah tu, dan dapat. pkrjaan itu jg g berkah. trus dapat gaji dari pkerjaan itu, g berkah lagi.yah, masa nanti aku mau ngash makan anak n istriku dari uang yg g berkah si.

    source: http://www.facebook.com/note.php?note_id=173407115612

  13. topan bayu says:

    @luqman
    wah, kalo dosa nyontek terus dirunut bisa sampe anak cucu tuh..

    @meri
    waduh, dikunjungi orang dari amerika.. 🙂
    di amerika ga ada budaya kopaa ya?

  14. zana says:

    hah? cut paste? itu apa maksudnya pula? lebih kejam dari copy paste? ngapus jawaban orang maksudnya?
    menohok ya maksudnya “menusuk”. gitu kak.. masih masuk ke dalam bahasa Indonesia yg baik dan benar kan ya?

  15. ade says:

    @ k’topan :
    iya kak, monggo duluan, hehe..

    @ k’bigza :
    halaaaah bilang aja kalo jealous kak, ahahahhaa :mrgren:

  16. toni dermawan says:

    bener kata mbah copas boleh kok asal dicantumin sumbernya, hehehe.

    yang penting jujur kalau itu kerjaan sendiri atau bukan? Rata2 kan pada ga ma bilang kalau itu hasil copas.

  17. Indra says:

    hmmm…
    tertarik dgn suatu jurus pada comment mas Big..

    “Ctrl + A , Ctrl + C , dan diakhiri dengan Ctrl + V”

    tp tau ngga?? ada jurus lagi lho..

    “Ctrl + A , Ctrl + C , del, Alt + F4”

    dijamin bakal bikin stress..hehe..
    *koq malah OOT gini ya.. 🙂

  18. Pingback: Bias | MF Zone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s